Jumat, 05 April 2013

Sejarah dan Filosofi Gerakan KAMMI

Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Lahir pada tanggal 29 maret 1998.

Visi KAMMI
Sebagai wadah perjuangan permanen yang akan melahirkan kader-kader pemimpin bangsa masa depan yang tangguh dalam upaya mewujudkan masyarakat yang islami di Indonesia.

Misi KAMMI
1.    Membina keislaman, keimanan dan ketaqwaan mahasiswa muslim Indonesia.
2.    Menggali, mengembangkan dan memantapkan potensi dakwah, intelektual, sosial dan politik mahasiswa.
3.    Mencerahkan dan meningkatkan kualitas masyarakat Indonesia menjadi masyarakat yang rabbani, madani, adil dan sejahtera.
4.    Memelopori Indoneia dalam menyelesaikan permasalahan kerakyaratan dan kebangsaan.
5.    Mengembangkan kerjasama antar elemen masyarakat dengan semangat membawa kebaikan, menyebar manfaat, dan mencegah kemungkaran (amar ma’ruf nahi mungkar)

Prinsip Gerakan KAMMI
a.    Kemenangan Islam adalah jiwa perjuangan KAMMI
b.    Kebathilan adalah musuh abadi KAMMI
c.    Solusi Islam adalah tawaran perjuangan KAMMI
d.    Perbaikan adalah tradisi perjuangan KAMMI
e.    Kepemimpinan umat adalah strategi perjuangan KAMMI
f.    Persaudaraan adalah watak muamalah KAMMI

Karakter Organisasi KAMMI
KAMMI adalah organisasi kader (harokatut tajdid) dan organisasi pergerkan (harokatul amal).


Sejarah Singkat KAMMI

KAMMI adalah sebuah lembaga aksi mahasiswa yang fenomenal. Betapa tidak, di usianya yang masih muda, dia telah sanggup menorehkan lembaran sejarah yang membuat siapapun terpana dan bertanya-tanya. Belum genap satu bulan setelah di deklarasikan, KAMMI melakukan gebrakan aksi perdananya yang mengejutkan, bertajuk “ Rapat Umum Mahasiswa dan Rakyat Indonesia” di lapangan Masjid Al –Azhar, Jakarta, pada tanggal 10 April 1998, di hadiri oleh lebih dari 20 ribu orang dari berbagai kalangan, serta berjalan dengan tertib dan aman.

Menyusul aksi perdananya di Jakarta, KAMMI terus menggulirkan aksi-aksi demonstrasinya di berbagai kampus dan kota yang menjadi jaringannya. Terjadi akselerasi bobot aksi yang luar biasa, baik secara kualitas maupun kuantitas, di hitung dari masa kelahirannya dan di bandingkan dengan kelompok-kelompok aksi mahasiswa lainnya.

KAMMI pun juga mampu bermain dengan cantik dalam berbagai aksinya, sehingga dia dapat terima oleh berbagai kalangan . Ia mampu menempatkan diri sebagai part of solution, bukan part of problem. Dengan demikian, banyak masalah yang dapat di pecahkan atau minimal di antisipasi.

Bahkan permainan cantiknya juga mampu masuk dan menggeserkan gedung MPR/DPR , sehingga aspirasi yang di bawanya memiliki bargaining power. Lengsernya Soeharto dari kursi kepresidenan juga tidak lepas dari aksi KAMMI. Lebih dari itu, di usinya yang masih muda, KAMMI sudah mampu melebarkan sayapnya ke berbagai berlahan dunia. Semua itu menjadikan KAMMI sebagai aktor kekuatan reformasi yang sangat di perhitunkan, bahkan menjadi rujukan berbagai aksi pergerakan.
Judul: Sejarah dan Filosofi Gerakan KAMMI; Ditulis oleh Unknown; Rating Blog: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar